Tips Jalan Hemat Ke Kuala Lumpur

Haloooo Sobat Lao-lao!!
Dikala pandemi Covid-19, membuat kita merasa bosan dan banyak rencana tertunda. Tenang dulu sobat! Author Lao-lao mau kasih kiat-kiat untuk kalian yang akan merencanakan perjalanan ke Kuala Lumpur usai Covid-19 dan hadiah untuk kalian yang menggunakan kode dari author sebesar 45.000.

Kuala Lumpur merupakan salah satu negara di ASEAN yang kita datangi tanpa perlu visa, jadi untuk sobat semua yang memiliki pasport, negara ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Tenang saja sobat, liburan ke luar negeri bisa kok tanpa harus merogoh kantong yang dalam. Pengalaman dan perjalanan juga merupakan salah satu investasi kita loh. Tanpa basa-basi, author bakalan kasih tahu tipsnya, berikut tips yang author berikan dan pernah lakukan:

  • Menjadi Member Air Asia
Kenapa harus jadi member? yuhuuu!! Dengan menjadi member Air Asia, kamu akan memperoleh kesempatan prioritas membeli tiket lebih dahulu daripada mereka yang tidak menjadi member, tidak hanya itu. Kamu juga akan menerima pemberitahuan dikala ada "flash sale", "free seat", dll. Sehingga kamu tidak bakalan ketinggalan info. Sesuai dengan slogan Air Asia "Everyone Can Fly", kita bisa terbang ke luar negeri dengan harga murah, asalkan kita merencanakan perjalanan kita jauh-jauh hari.

  • Rencanakan perjalanan jauh-jauh hari
Untuk kamu yang ingin liburan sembari menabung, kamu bisa merencanakan perjalananmu jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Kamu biasanya bisa membeli tiket untuk penerbangan pada tahun yang akan datang, sembari kamu menabung. Biasanya maskapai penerbangan selalu memberikan diskon pada hari ulang tahun maskapai, hari-hari natal, HARBOLNAS, dsb. Oops, kamu perlu tahu ya, bahwa tiket dengan harga murah biasanya bukan dihari libur.. jadi untuk kamu yang masih bekerja, ada baiknya mengajukan cuti.

  • Menggunakan aplikasi Klook
Kamu pergi sendiri? Jangan khawatir! sekarang ada aplikasi yang memudahkan perjalan kita kemanapun! Tentunya dengan banyak pilihan dari segi privat yang memerlukan biaya besar atau pengalaman baru dengan harga yang bersahabat.
Klook merupakan aplikasi yang bisa membantumu untuk membeli SIM Card, Karcis, Potongan diskon, Transportasi, dll. Biasanya harga yang tertera dalam aplikasi klook lebih murah daripada kita beli ditempat, dan ada kalanya aplikasi ini memberikan potongan harga. Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan Klook atau berencana download, kamu bisa menggunakan kode author untuk mendapatkan bonus 45.000.  Caranya mudah, kamu cukup mendaftar seperti biasa kemudian masukkan kode referral "LLBYEA".
  • Menggunakan Bus dari Airport menuju Kl Sentral atau Kl Sentral-Airport
kamu sudah booking hotel? dan belum tahu lokasi hotelnya dimana? Jangan terburu-buru menggunakan taksi, jika kamu ingin menghemat perjalanan mu. Kamu cukup membeli tiket bus dari KLIA atau KLIA2 ke KL Sentral, kamu bisa membeli tiket ini di counternya langsung atau membeli di aplikasi klook. Harga tiket ini Kurang lebih 10 RM atau 36.000 diaplikasi Klook, jika kamu membeli tiket di aplikasi klook, kamu cukup menunjukkan Barcode tanpa perlu mengantri tiket lagi. Bus ini cukup luas dan memiliki penyimpanan bagasi, jadi kamu tidak perlu khawatir akan penuh koper dan tas didalam bus.

Jika kamu ingin memiliki pengalaman baru dan ingin merogoh kocek lebih dalam, kamu bisa menggunakan KLIA Express dengan harga 55RM dengan rute KLIA atau KLIA2 ke KL Sentral. KLIA express merupakan kereta cepat dan menghemat waktu sekitar 30 menit dengan tujuan yang sama.

Setelah sampai di KL Sentral, pastikan kamu memiliki aplikasi GRAB. Kenapa? Karena kamu belum mengetahui lokasi pasti hotel mu, daripada kamu membuang waktu dengan tersesat. Sebaiknya kamu menuju hotel menggunakan GRAB, kamu bisa menggunakan GRAB Share jika kamu seorang diri agar lebih menghemat biaya dengan berkongsi sesama penumpang lain. Jika hotel mu berada di pusat perkotaan hanya akan memakan biaya belasan hingga 20 RM.

  • Melancong dengan Kendaraan Umum
Kurang seru! kalau ke negara lain namun belum mencoba kendaraan umum disana. Untuk kamu yang suka hal berbau gratis, kamu bisa mencoba Bus GO KL. Bus ini gratis tapi pastikan kamu mengunduh peta Go KL sebelum menggunakannya, supaya kamu tahu rute mana saja yang dilewati oleh bus ini.

Untuk kamu yang ingin mencoba pengalaman baru menggunakan LRT, BRT, KTM, MRT, dll. Kamu wajib memiliki kartu ini.



Kartu ini seperti E-money yang bisa kamu gunakan untuk menaiki tranportasi yang tadi author sebutkan diatas. Oh ya! kamu bisa membeli kartu ini di setiap kounter yang berada di stasiun MRT yang kamu naiki dan kamu bisa juga mengisi saldo disana. 

  • Menginap di Hostel / Apartemen
Untuk tempat tinggal kamu bisa membookingnya lewat aplikasi online, biasanya banyak aplikasi yang memerlukan kartu kredit atau visa untuk membooking. Author biasanya menggunakan aplikasi Booking.com, karena kita bisa membooking tanpa perlu membaya dulu atau menggunakan kartu visa atau kartu kredit. Menggunakan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan potongan sebesar 10% jika menjadi anggota. 

Kamu bisa menggunakan hostel untuk dirimu sendiri atau jika ingin merasakan berbagi kamar dengan orang lain dan lebih hemat. Kamu bisa mencoba Kamar asrama dengan kasur Bunker-Bed. Untuk kamu yang melancong sendiri, hostel dengan kamar pribadi juga tidak terlalu mahal. Asalkan kamu tidak memilih hotel yang berada disekitar jalan Alor dan bukit bintang, karena disana merupakan pusat keramaian dan biasanya merupakan incaran para turis.

  • Membawa Skincare Travel Size
Jika kamu tidak membeli bagasi, disarankan agar membawa Skin Care atau peralatan mandi dengan kemasan kecil ya. Agar kamu tidak perlu membuang barang mu dan bermasalah di imigrasi. Kamu bisa membeli peralatan mandi di supermarket terdekat kok. 


  • Membawa baju secukupnya
Bawalah baju secukupnya dan jangan berlebihan, karena disini kamu bisa melakukan "Self Laundry". Sehingga kamu tidak perlu membawa baju kotor dalam perjalanan pulang.

Untuk kamu yang berencana membawa oleh-oleh, jika kamu berkelompok kamu bisa membeli bagasi 20kg dengan Harga 200.000. Kamu bisa berkongsi harga dan menghemat pengeluaran mu, bagasi ini bisa kamu beli H-1 sebelum kepulangan mu.

  • Self  Drop Baggage 
Dibandara Kuala Lumpur menuju Indonesia, jika kamu membawa bagasi. Jangan bingung ya! Karena disini kita akan mengurus bagasi kita sendiri. Hal yang perlu kamu lakukan?
lihat tiket mu, perhatikan kamu berada diloket berapa. Sesampainya diloket, kamu akan menemukan mesin pencetak tiket, luggage tag, dll. Kamu bisa mencetak tiket mu dan Luggage tag jika kamu membawa bagasi. Setelah itu bawalah bagasi mu sesuai dengan kounternya, kemudian letakkan pengescan barcode untuk menscan barcode luggage tagmu dan otomatis bagasi mu akan terdorong dan tersimpan dengan sendirinya. 

Jadi sobat Lao-lao yang berencana ke Kuala Lumpur, bisa menggunakan ide author untuk menghemat pengeluaran mu. Biasanya author selalu melakukan perjalanan sendiri, jadi selalu melakukan persiapan matang sebelum berangkat agar tidak tersesat. Semoga bermanfaat ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bawa Kendaraan Pribadi ke Kuching (Malaysia)

Liburan Sambil Raih Untung Lewat JASTIP

Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara - (PERMATA)