Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara - (PERMATA)

Ketika lulus SMA ekspektasi kita tentang kuliah gimana sih?
hayoooo!! pasti ada yang mikir kayak di sinetron atau drama korea ya... hehehe
😂😂
Kalau aku sendiri ya, mikir juga begitu. Berasa keren gitu, sekolah make baju bebas dengan gaya kita sendiri. Kalau kamu gimana?
.
.
Duh.. Author Lao-lao uda lama banget lulus kuliah. Apalagi suka nyari gratisan biar bisa travelling.. siapa sih yang gak mau jalan gratis, diberi uang saku, punya pengalaman baru dan tentunya kita jadi bisa lihat pendidikan diwilayah Indonesia lainnya.

Jadi, ceritanya Author hobi jalan tapi kere. Maklum belum ada kerjaan, ada kerjaan tapi gaji pas-pasan. Mau ikut Pertukaran Mahasiswa tapi kebanyakan ke luar negeri dan wajib bisa bahasa inggris, padahal inggrisnya minim dan gak PD.

Akhirnya, cari info pertukaran mahasiswa dalam negeri. Tahun 2016, info tentang ini masih minim dan nanya ke kampus juga pada gak tau. Untungnya ditahun 2016, Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara sudah pernah diselenggarakan... syaratnya cukup mudah dan infonya kurang, jadi pesaingnya juga sedikit.

Awalnya di kampus belum ada info tentang ini, karena ada mahasiswa dari Universitas Pattimura yang datang ke kampus ku dan kampus juga harus mengirim mahasiswa kembali ke Universitas Pattimura, akhirnya ada tindak lanjut untuk program ini. Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara ini kemudian diberi nama PERMATA.

Jadi, kita diberi waktu 1 semester untuk menjalani pertukaran di universitas yang telah menjadi rekanan universitas kita. Disamping itu, tujuan dari Program PERMATA ini agar kita juga dapat melihat pendidikan di Indonesia bagian lainnya. Woooowww!! kerenkan??  gak hanya itu, kita juga bertugas jadi Duta Kampus untuk mewakili kampus kita di Universitas itu, so? Jangan lupa jaga nama baik kampus ya, kemudian kita juga mengenal banyak suku budaya Indonesia. Kala itu Author Lao-lao kebagian di Universitas Haluoleo-Sulawesi Tenggara. oh ya.. untuk kamu yang pengen tahu persyaratan nya bisa download disini ya (https://www.kopertis7.go.id/uploadmateri_pedoman/Panduan_Permata_2018.pdf)

Apa aja suka duka selama PERMATA?
hayoooo.. mau suka atau duka dulu? Biar gak kayak janji mantan, yang manis diawal..kita mulai dari duka dulu ya.
😀😀😀
jadi Duka selama PERMATA yaituuuuu:
1. Kita jadi tahu gimana perbedaan Infrastruktur yang berbeda jauh dari Indonesia bagian Barat.
2. Kamu harus punya uang tabungan ya.. karena uang beasiswanya bakalan telat cair. Pengalaman dulu baru keluar setelah Author uda mau pulang. Apalagi kamu yang nasibnya kayak Author, biayai hidup sendiri tanpa minta ortu dan berhenti dari kerjaan untuk ikut pertukaran.
3. Ada beberapa mata kuliah yang berbeda dengan kampus kita, tapi kamu jangan takut ya.. karena jika masih berhubungan makul tersebut bakalan disesuaikan dengan makul kampus kita. Sehingga kamu gak perlu mengulang... kabar buruknya??? karena jurusan Author Lao-lao gak ad disana, jadi perlu mengulang 1 tahun. hehehhe
4. Karena tujuan PERMATA untuk mengenal budaya Indonesia dan buat kita mengetahui hal-hal baru, jadi kita dibatasi dalam mengambil SKS ya. SKSnya hanya boleh 18 SKS.

Setelah tahu hal yang buruk.. sekarang kita tahu sisi sukanya yokk!! biar kita juga makin semangat jalan-jalan. hehehhee

Hal-hal sukanya yaitu:
1. Kapan lagi jalan gratis, dapat uang saku, tambah ilmu, ketemu teman baru, jodoh baru, liat Indonesia yang keren banget!! bikin kita pikiran dan wawasan kita luas dan terbuka atas perbedaan loh.
2. Transfer budaya.. jadi kita bisa kuliner, ketemu adat baru dan masih banyak lagi deh.
3. Kamu akan ketemu orang-orang baru, budaya baru, sehingga kamu perlu cepat beradaptasi.

Jadi selama di Sulawesi, Author melihat keindahan laut Indonesia..!! harga ikan yang murah bangetttt!! mengikuti banyak kegiatan yang gak sempet diikuti karena sibuk bekerja, lalu jalan dan mengenal Suku Bajo, makan makanan yang baru... kesukaan Author itu Coto Makassar make telur bebek yang direbus loh.. lalu Songkolo, Es Pisang Ijo, Pisang Epe.. yummmy!!!!

Eitssss!! setelah mengikuti program ini, kamu bakalan dapat sertifikat sebagai Alumni dari kampus tujuan pertukaran mu loh... lumayan untuk mengisi CV mu nanti. keren kan???
Gak kalah seru deh dengan kamu pertukaran di negara lainnya kok. hehehehe
.
.
jadi kamu kepengen ngikutin jejak Author Lao-lao gak?? kamu gak harus hebat untuk mendapatkan pengalaman seru ini!! kamu jangan minder dulu ya!! 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bawa Kendaraan Pribadi ke Kuching (Malaysia)

Liburan Sambil Raih Untung Lewat JASTIP