Liburan Sambil Raih Untung Lewat JASTIP

Sambil Menyelam, Minum Air
Liburan seru nan Untung..!! Siapa yang mau liburan tapi tetap menghasilkan uang? pasti semuanya kepengen. Setidaknya bisa menutupi ongkos transportasi menuju tempat wisata. Hari ini author akan berbagi pengalaman yang pernah author lakukan selama liburan.
hahahhaha... Maklumin ya, soalnya author nyari cuan mulu.


Jasa Titip atau yang biasanya kita kenal dengan istilah "JASTIP", muncul karena adanya beberapa produk yang sulit ditemukan atau dijual di tempat kita berada. Hal ini memunculkan peluang usaha untuk kita yang sering bepergian, dengan menyisihkan waktu sebentar kita bisa menyediakan jasa ini untuk mereka yang membutuhkan asisten  membelikan produk-produk yang tidak tersedia di daerah mereka.

Hal ini tidak semudah yang sobat Lao-lao bayangkan, karena sobat harus menentukan target pasar atau konsumen yang membutuhkan jasa sobat tersebut serta menentukan produk yang diinginkan oleh konsumen. Langkah yang harus sobat lakukan yaitu: 

  • Sobat harus memanfaatkan teman yang memiliki "followers" dengan jumlah yang banyak dan aktif. Sobat bisa bekerjasama dengan mereka, agar mempromosikan jastip sobat. Hal ini dimulai dengan mengumumkan "OPEN PO" (dimulai dari H-3, sebelum perjalanan kamu dilakukan hingga H-1 sebelum kepulangan), memposting berbagai produk jastip, berdiskusi tentang produk apa yang sedang laku atau popular. Kerjasama ini dapat berbentuk pembagian keuntungan atau hadiah berupa sesuatu tergantung kesepakatan. 
  • Sobat mungkin terkadang kebingungan menentukan harga untuk sebuah produk, apakah itu terlalu mahal? Penentuan harga sangatlah penting, membuat sobat tidak kalah bersaing dengan orang-orang yang memiliki jasa seperti sobat. Bagaimana penentuan harga untuk produk jastip? Sobat bisa menggunakan persentase keuntungan yang diinginkan, kemudian ditambah dengan harga beli. Biasanya produk yang memiliki bentuk fisik yang besar serta memakan banyak tempat, cenderung lebih mahal. Serta produk berbahan cair karena bagasi yang kita miliki tidak gratis, melainkan harus berbayar. Jadi sobat harus menghitung biaya yang perlu dikeluarkan untuk bagasi dan promosi.
  • Untuk sobat yang berlibur, sobat harus menyusun jadwal perjalanan sehingga waktu berlibur juga tidak terganggu. Contohnya: Pagi-sore hari dihabiskan untuk berlibur, dan sore-malam hari digunakan untuk berbelanja produk.
  • Manfaatkan semua media sosial yang dimiliki untuk memposting berbagai produk (kecantikkan, makanan, sepatu, baju, dll) yang sobat rasa tidak tersedia didaerah kita. 
  • Belilah Bagasi H-2 sebelum kepulangan, jadi sobat bisa memprediksi biaya yang akan diperlukan untuk mengangkut semua barang belanjaan ke daerah tujuan.
  • Bagaimana cara pembayaran Jastip? Sobat bisa memberlakukan pembayaran langsung, pembayaran dimuka ke rekening sobat. Sehingga sobat tidak perlu khawatir konsumen yang batal membeli, kekurangan dana, dll.
Bagaimana menurut sobat cara liburan sambil meraih untung ini? Cara ini lumayan ampuh untuk mengurangi pengeluaran kita selama berlibur dan juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan yang tidak memerlukan modal, Sobat juga memberi bantuan kepada teman-teman yang sedang membutuhkan jasa ini namun tidak bisa melakukan perjalanan kesana atau membantu teman yang ingin merasakan produk-produk yang tidak tersedia ditempat mereka. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bawa Kendaraan Pribadi ke Kuching (Malaysia)

Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara - (PERMATA)