Tips Jalan Gratis Menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Hallo! Sobat Lao-lao. 
Hari ini author bakalan bagi tips untuk kalian yang lagi jadi mahasiswa. Tips hari ini berhubungan dengan Kartu Tanda Mahasiswa atau yang biasa kita sebut dengan KTM. Sebelumnya sobat Lao-lao sudah tahu belum, apa saja kegunaan kartu ini? 
Ya!! tepat sekali. Kegunaan KTM yaitu sebagai identitas kita sebagai mahasiswa di kampus. heheheheh (kayaknya semua orang tau deh)😁😁
Kalian tau gak sih? Sebenarnya manfaat kartu ini sangat banyak loh. Contohnya, kamu bisa mendapatkan potongan harga di Restoran yang memberikan diskon untuk pelajar dan mahasiswa, sebagai tabungan jika KTM kalian berbentuk ATM sekaligus biasanya adminnya lebih kecil dibanding dengan masyarakat umum, dan masih banyak lagi.

Manfaat KTM yang sering digunakan author ketika kuliah yaitu sebagai sarana jalan gratis loh, (hem.. emang yang gratis itu bikin semua orang senang deh). Bagaimana caranya?
Author kasih tips untuk kalian yang ingin jalan tanpa biaya alias gratis tiss tisss.

Kamu bisa mencari lomba (debat,penelitian, karya tulis, dll) yang berskala nasional. Jangan berkecil hati atau minder merasa kalau kita itu tidak hebat atau apapun ya! Pertama kamu harus tahu mengenai kelebihan dalam diri kamu dahulu, melalui lomba ini kamu dapat mengasah diri lebih serta mengukur kemampuanmu selama ini. Untuk kamu yang tidak tertarik hal akademik, kamu juga bisa mencoba lomba-lomba non akademik. 

Setelah mendaftar lomba, kamu bisa menanyakan mengenai anggaran UKM di Kampus mu terkait kegiatan ini. Biasanya setiap kampus memiliki anggaran untuk setiap kegiatan mahasiswa, kamu juga harus melampirkan proposal untuk mendapatkan dana tersebut, sehingga pihak kampus punya data yang jelas mengenai pengelolaan anggaran tersebut. Kamu juga wajib menulis laporan pertanggungjawaban setelah kegiatan berakhir ya...

Jika kampus tidak memiliki anggaran untuk kegiatanmu? Jangan berkecil hati dulu ya, kamu bisa mengajukan proposal yang tadi kemudian diajukan ke pihak Universitas tepatnya di bagian kemasiswaan atau keuangan (untuk tiap kampus prosedurnya berbeda ya.. jangan malu bertanya dengan senior juga)

Ingat!!! 
Karena kamu menggunakan uang orang lain, kamu harus melakukan sesuatu dengan maksimal ya. Jalan Gratis itu hanya bonus atas semua jerih payah dan usaha mu. Melalui lomba kamu akan melihat bahwa "diatas langit masih ada langit" sehingga memacu mu untuk berusaha lebih lagi dan tidak hanya merasa diri sudah cukup. Kamu juga akan menambah pertemanan baru dengan teman-teman dari berbagai Universitas di Indonesia, menemukan cerita baru dalam hidupmu.

Nah, Author Lao-lao punya beberapa pengalaman menggunakan KTM ini dalam beberapa lomba. Karena author hobinya berbicara dan ketemu banyak orang, maka author memanfaatkan KTM ini berpetualang dan berkompetensi. Ketika author masih Mahasiswa Baru (MaBa), author nekat bersama teman lainnya untuk mengikuti lomba debat di Malang (2014). Walaupun awalnya diremehkan karena bagian kemahasiswaan menganggap kita belum layak, jadi kami meyakinkan mereka bahwa kami memang serius, oleh karena itu mencari berbagai lomba di google. Sempat ditolak proposalnya tidak membuat kami patah semangat ya, akhirnya kami menemui Dekan dan BAAK tingkat Universitas. (jangan lupa berkonsultasi dengan dosen atau senior yang berpengalaman ya)
Lomba Debat di Malang "Get Ready For the Up Coming Indonesia China - ASEAN Free Trade Area" - 2014


Author juga pernah mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemerintah, biasanya untuk lomba ini kita perlu menulis essay terlebih dahulu kemudian setelah lolos kita baru bisa mengikuti lomba debat. Untuk lomba ini, biasanya kita memerlukan seorang dosen pembimbing untuk membimbing kita serta bersama kita mengikuti kegiatan berlangsung. (ini bisa jadi waktu yang baik untuk lebih dekat dengan dosen mu loh layaknya seperti teman).

Lomba yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat, memberikan kita fasilitas hotel, makanan, sertifikat dan uang saku. Kamu tidak perlu khawatir ya.. cukup menyiapkan materi dan kemampuan berbicara mu.


Jangan berkecil hati jika kamu belum menjadi pemenang ya! Kamu sudah mencoba dan berusaha itu juga perjuangan yang patut kamu banggakan. Ingat!! Thomas Alfa Edison sudah gagal berkali-kali, kemudian baru sukses menemukan lampu.

Setelah kegiatan pelombaan selesai, kamu memiliki waktu bebas untuk menjelajah dan berjalan-jalan. Usahakan kamu membeli tiket pulang tidak terlalu cepat ya.
Jadi, ini beberapa pengalaman dari author Lao-lao yang menggunakan KTM untuk berkompetensi dan bertualang. 
Kalau kamu bagaimana? Yuk! bagi ceritamu juga dikolom komentar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Bawa Kendaraan Pribadi ke Kuching (Malaysia)

Liburan Sambil Raih Untung Lewat JASTIP

Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara - (PERMATA)