Pengalaman Bawa Kendaraan Pribadi ke Kuching (Malaysia)

Kenapa Kura-kura tak pernah tersesat?...
Kura-kura tak pernah tersesat karena kemanapun ia pergi, ia selalu membawa rumahnya. 
Yuhuuuu!! Ketemu lagi sama author.. Kali ini author mau berbagi pengalaman bawa mobil pribadi ke luar negeri. Pengalaman ini terjadi dibulan Agustus 2019, belum terlalu basi untuk dijadikan informasi untuk kamu yang berencana liburan dikala pandemi Covid-19 berakhir ya. 

Melakukan perjalanan jauh, terkadang sangat melelahkan bagi jiwa dan raga. Apalagi untuk kalian yang memiliki "mabuk kendaraan", memikirkan jarak tempuh yang sangat panjang saja terkadang membuat kita mabuk duluan. Kunci utama untuk mengusir rasa takut itu adalah "Kenyamanan", dengan merasa nyaman perlahan rasa takut itu berangsur hilang, apalagi dalam perjalanan jauh kamu mendapatkan partner yang asyik.

Seperti Kura-kura yang selalu membawa rumahnya kemanapun, membuat sikura-kura merasa nyaman tentunya ditempat yang asing sekalipun. Hal ini yang author lakukan ditahun 2019, yaitu dengan membawa kendaraan pribadi ke Kuching, Malaysia. Author ini mabuk kendaraan, baru mencium aroma mobil dan mendengar perjalanan yang jauh sudah membuat mual. 

Jadi, untuk meminimalisir hal tersebut author membawa kendaraan pribadi yaitu mobil ke Kuching. Kamu tidak perlu khawatir, karena jalur darat ini sudah sangat bagus dibanding beberapa tahun lalu. Lebih baik, kamu melakukan perjalanan ini ketika subuh ya. Supaya ketika sampai diperbatasan Entikong-Malaysia itu sudah pagi, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menunggu kantor Imigrasi buka. Kecuali kamu berencana untuk menginap semalam di Entikong.

Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi jauh lebih hemat apabila kamu pergi berombongan dengan keluarga maupun keluarga. Karena kamu tidak perlu membayar taksi untuk berjelajah selama di Kuching, kamu cukup mengikuti arahan google maps selama berjelajah tanpa takut tersesat.

Apakah sulit mengurus administrasi?
Tidak sulit, ini cukup mudah karena banyak info terpampang jelas disepanjang koridor imigrasi Entikong-Tebedu.

Apa saja dokumen yang perlu dibawa?
Dokumen yang perlu kamu siapkan adalah:
  1. STNK
  2. SIM
  3. Pasport
  4. Pastikan pajak kendaraanmu tidak mati ya, karena pajak yang mati tidak diijinkan melintas atau mendapatkan surat ijin masuk ke Malaysia. 
  5. Kaca film jangan melebihi 40% atau terlalu gelap, jika gelap kaca fillm akan dilepas oleh petugas imigrasi
Berapa biaya yang dibutuhkan?
Biaya yang perlu kamu siapkan yaitu:
  • 50.000 untuk asuransi
  • 140 RM untuk membayar izin masuk ke kantor imigrasi Tebedu, Malaysia. Penduduk di Entikong menyebutnya dengan "Rotek", yang akan kamu dapatkan setelah membayar dan Rotek wajib kamu tempelkan di kaca dashboard.
Bagaimana sobat Lao-lao? ternyata membawa kendaraan pribadi cukup mudahkan, apalagi dengan membawa kendaraan pribadi membuatmu bebas singgah dimanapun jika ingin berfoto, makan, membuang air, dan masih banyak lagi. 

Hal yang perlu kamu ingat selama membawa kendaraan pribadi adalah selalu tertib lalu lintas, pastikan "Rotek" tertempel dibagian depan kaca mobil, pastikan kamu selalu mengecap pasportmu 2x (baik kedatangan maupun pulang) karena jika lupa mengecap pasport, kamu akan dianggap ilegal dan akan berhadapan dengan hukum (author pernah mengalami dan sulit mengatasinya). Sekian info dari author Lao-lao! Jika masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Sambil Raih Untung Lewat JASTIP

Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara - (PERMATA)